RSS

ANALISIS PERBANDINGAN WEBSITE LOWONGAN KERJA

06 Oct

ANALISIS PERBANDINGAN WEBSITE LOWONGAN KERJA

Dewasa ini teknologi semakin maju dan berkembangang pesat. salah satu contohnya adalah internet. Internet adalah jaringan global komputer dunia, besar dan sangat luas sekali dimana setiap komputer saling terhubung satu sama lainnya dari negara ke negara lainnya di seluruh dunia. kehadiran internet saat ini membawa keuntungan yang sangat besar. salah satunya bagi mereka yang mau mencari pekerjaan. Para pencari kerja sekarang tidak harus susah-susah mencari pekerjaan dengan mendatangi tempat pekerjaan yang mereka inginkan. Sekarang mereka dapat langsung mencari informasi tentang lowongan kerja malalui website-website lowongan kerja yang ada di internet. Dengan begitu mereka tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal hanya untuk mencari lowongan pekerjaan.

Dibawah ini saya akan menganalisa & membandingkan 3 website lowongan kerja. Semoga informasi ini dapat berguna bagi anda yang membacanya.

1. www.jobindo.com

Pada saat pertama kita membuka website http://www.jobindo.com disana terdapat kolom untuk mencari pekerjaan berdasarkan posisi, lokasi dan jabatan. Tampilan yang disuguhkan pada website biasa saja, sub menu yang ditampilkan tidak terlalu banyak. Lalu kita diharuskan untuk mendaftar atau register terlebih dahulu. Setelah kita sudah selesai mendaftar, kita dapat langsung mencari lowongan pekerjaan yang kita cari, atau bisa mengklik “job search”. Disana terdapat tabel berisikan berbagai macam lowongan pekerjaan, syarat pendidikan untuk pekerjaan yang kita cari, kemudian ada perusahaan yang menawarkan lowongan pekerjaan tersebut serta lokasi perusahaan dan juga gaji yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Kita dapat mengclick posisi pekerjaan yang kita inginkan, setelah itu akan muncul tab baru yang didalamnya berisi alamat perusahaan dan syarat untuk pekerjaan tersebut. Anda juga dapat langsung mendaftarkan diri anda jika berminat pada pekerjaan tersebut (diharuskan mempunyai akun).

Image

Kekurangan website ini adalah Sekilas tampak menarik saat pertama membuka, tapi setelah kita melihat list lowongan pekerjaan yang berurutan dan tampilan yang terlihat kaku. Membuat para pencari pekerja agak kurang bersemangat untuk melihatnya. Namun disamping kekurangan tersebut, website loker ini cukup memberikan informasi yang bermanfaat bagi mereka yang ingin mencari pekerjaan.

2. http://www.karir.com

Website ini menyediakan 2 bahasa, yaitu Inggri dan Indonesia. Mungkin berguna untuk orang asing yang mau mencari lowongan kerja dan belom begitu memahami bahasa Indonesia. Namun kita bisa memilih bahasa  mana yang akan kita gunakan agar tidak kesulitan untuk mendapatkan informasi yang tersedia. Untuk tampilan dari website itu sendiri menurut saya cukup menarik, kita bisa melihat tampilan yang simple tapi tidak membosankan seperti website yang saya bahas sebelumnya. Walaupun tampilan menu juga tidak jauh beda dengan website sebelumnya. Seperti biasa, kita diharuskan untuk register atau mendaftar terlebih dahulu. Setelah kita mendaftar kita bisa memilih menu “pencari karir”, disana tersedia 3 sub menu. Jika kita memilih sub menu “cari semua lowongan” maka website akan menyediakan menu semacam search engine untuk mencari jenis karir apakah yang kita inginkan berdasarkan posisi dan sebagainya. Intinya menu ini berguna untuk mencari lowongan kerja yang kita inginkan secara spesifik. Kemudian untuk submenu ke 2 yaitu “cari lowongan terkini”, disana kita akan menemukan list atau daftar perusahaan dan posisi yang tersedia di perusahaan tersebut. Tidak jauh berbeda dengan website sebelumnya, namun tidak se-membosankan website sebelumnya yang terlihat kaku. Untuk persyaratan melihat persyaratan lowongan kerja yang tersedia kita hanya perlu mengclick perusahaan mana yang kita minati, maka akan muncul persyaratan yang diperlukan (tidak jauh berbeda dengan website sebelumnya)

Secara keseluruhan, Website ini terlihat lebih menarik dibanding dengan website sebelumnya. Tampilan yang disuguhkan juga tidak terlihat kaku, walaupun belum membuat kita antusias untuk melihat website ini. Tapi konten atau isi yang disediakan cukup banyak dan bermanfaat bagi mereka pencari kerja.

3. http://www.carijob.com

Pertama kita membuka website maka kita akan sadar bahwa website ini jauh lebih baik dibanding website sebelumnya yang sudah saya bahas. Dari segi tampilan. website ini menyediakan gambara-gambar,berita ataupun advertisement (iklan) yang ditampilkan membuat kita tertarik untuk menjalajahinya. Tidak hanya terlihat bagus dalam tampilan, tapi dalam segi menu-pun juga tidak kalah menarik.  Disana tersedia menu-menu yang detail agar memudahkan para pencari kerja untuk mendapatkan informasi secara spesific (detail) dan jelas. Lalu juga ada statistik perusahaan, data pelamar serta data yang lainnya yang membuat kita berfikir bahwa website ini menyediakan lowongan kerja yang sangat banyak. Untuk mencari lowongan pekerjaan, seperti website lainnya kita diharuskan mendaftar terlebih dahulu. Setelah itu, kita bisa langsung mencari lowongan pekerjaan yang kita inginkan. Website menyediakan list atau daftar jenis jabatan atau pekerjaan apa yang kita inginkan, jadi pencari kerja tidak perlu repot-repot untuk search-ing karena sudah ada (seperti dibawah ini).

Setelah kita melihat website ini, maka kita tau perbedaan antara ke-3 website yang sudah kita bahas. Untuk tampilan, seperti yang saya bahas jauh lebih baik dari 2 website sebelumnya. Terlihat kreatif dan sangat menarik bagi para pencari kerja ataupun orang yang membuka website ini. Menu yang detail membuat mereka yang membaca tidak kesulitan untuk mencari informasi yang ingin dicari. Untuk kekurangan, menurut saya website ini tidak memilikinya. Itu hanya pendapat saya, semuanya saya kembalikan ke para pembaca blog ini untuk menilai.

Kesimpulan

Dari 3 website lowongan kerja yang sudah saya bahas diatas, mereka memiliki ciri-ciri ataupun keunikan masing-masing. Pada 2 website pertama mungkin menekankan pada ke simple-an atau kesederhanaan dari website itu sendiri. mereka lebih memfokuskan pada isi daripada penampilan ataupun segi yang lainnya. Tidak seperti website yang ke-3 yang memang memperhatikan semua aspek yang mungkin dapat mempengaruhi orang yang membacanya (Mengundang para pembaca). Namun ke-3 website diatas tidak mengurangi arti bahwa ke-tiganya adalah website lowongan kerja yang dibuat untuk membantu para pencari kerja untuk mencari lowongan pekerjaan.

Sekian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda yang membaca.

SUMBER

1. http://www.jobindo.com

2. http://www.karir.com

3. http://www.carijob.com

 
Leave a comment

Posted by on October 6, 2012 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: