RSS

Kepribadian sehat menurut para Ahli

08 Mar

Kepribadian Menurut Para Ahli

  1. Kepribadian “Self” Menurut rogers

Carl Rogers adalah seorang Psikolog yang terkenal dengan pendekatan terapi klinis yang berpusat pada klien (client centered). Rogers kemudian menyusun teorinya dengan pengalamannya sebagai terapis selama bertahun-tahun.Teori Rogers mirip dengan pendekatan Freud, namun pada hakikatnya Rogers berbeda dengan Freud karena Rogers menganggap bahwa manusia pada dasarnya baik atau sehat.

Pokok-pokok teori menurut rogers.

  1. Organisme, yaitu keseluruhan individu

Organisme memiliki sifat-sifat berikut :

a) Organisme bereaksi sebagai keseluruhan terhadao medan phenomenal dengan maksud memenuhi                                            kebutuhan-kebutuhannya.

b) Organisme mempunyai satu motif dasar yaitu : Mengaktualisasikan, mempertahankan dan mengembangkan                         diri

c) Organisme mungkin melambangkan pengalamanya,sehingga hal itu disadari,atau mungkin menolak                                          pelambangan itu,sehinggal pengalaman-pengalaman itu tak disadarim,atau mungkin juga organism itu tak                            memperdulikan pengalama-pengalamannya.

  1. Medan Phenomenal, Yaitu keseluruhan pengalaman.

Medan Phenomenal punya sifat disadari atau tak disadari,tergantung apakah pengalam yang mendassari medan phenomenal itu dilambangkan atau tidak.

  1. Self, Yaitu bagian medan phenomenal yang terdiferensiasikan dan terdiri dari pola-pola pengamatan dan penilaian sadar daripada “I” dan “Me”

Self mempunyai bermacam-macam sifat :

a) Self berkembang dari interaksi organism dengan lingkungannya.

b) Self mungkin menginteraksikan nilai-nilai orang lain dan mengamatinya dalam cara (bentuk) yang tidak wajar.

c) Organisme mengejar (menginginkan) consistency (keutuhan/kesatuan,keselarasan).

d) Organisme bertingkah laku dalam cara yang selararas (consistent) dengan self.

e) Pengalaman-pengalaman yang tak selaras dengan struktur self diamati sebagai ancaman.

f)  Self mungkin berubah sebagai hasil dari pematangan (maturation) dan belajar.

Jadi,Kepribadian yang sehat menurut Carl rogers berdasarkan teori “self”-nya adalah :

  1. Mampu berinteraksi dengan lingkungannya secara baik demi memenuhi kebutuhannya.
  2. Mampu mengaktualisasikan ,mempertahankan dan mengembangkan diri.

1.2 Positive regard dalam pembentukan kepribadian

Positive regard adalah istilah yang diciptakan oleh Carl Rogers.

Rogers berpendapat bahwa positif regard adalah suatu hal penting untuk perkembangan yang sehat. Orang yang belum berpengalaman mungkin datang untuk melihat diri mereka dalam cara-cara negatif. Dengan memberikan positif regard.terapis humanis berusaha untuk membantu klien mereka menerima dan bertanggung jawab untuk diri mereka sendiri. psikolog Humanis percaya bahwa dengan menunjukkan hal yang positif klien dan penerimaan tanpa syarat, terapis memberikan kondisi yang terbaik untuk pertumbuhan pribadi untuk klien.

Konsep positif regard juga memiliki arti sederhana di luar tujuan terapis untuk memperoleh perubahan. Ini adalah tindakan sederhana dari satu individu menerima semua sifat dan perilaku dalam individu lain, selama itu tidak berarti menyebabkan kerusakan yang signifikan untuk diri sendiri. Kata kunci di sini adalah “signifikan”. Jika seseorang menyatakan bahwa “tingkah laku orang ini mengganggu saya, maka dengan demikian menyebabkan bahwa dya itu berbahaya”, maka hal positif regard dibuat tunduk pada keberatan begitu banyak yang tidak bisa eksis. Dengan demikian, kita tau perilaku orang tersebut tidak tercela ketika mereka tidak menimbulkan ancaman membahayakan diri sendiri atau orang lain, tidak kompatibel dengan hal positif tanpa syarat.

Jadi, Di antara banyak hal yang organisme manusia secara insting nilai hal positif.  Iniadalah persepsi seseorang tentang beberapa pengalaman diri lain  yang membuat perbedaan positif dalam bidang seseorang pengalaman menghasilkan perasaan hangat, menyukai, menghormati, simpati dan penerimaan terhadap orang lain. Maka dengan kesadaran  diri perlunya  mengembangkan dan hal positif adalah penting untukpertumbuhan yang tepat dari diri sendiri.

1.3 Ciri-ciri orang yang berfungsi sepenuhnya.

a) Aktualisasi

Aktualisasi adalah Kebutuhan Naluriah pada Manusia untuk melakukan yang terbaik dari yang dia bisa. Goldstein adalah ahli yang pertama melihat bahwa kebutuhan ini menjadi Motivasi utama manusia, sementara kebutuhan lainnya hanyalah manifestasi dari kebutuhan tersebut. Namun yang membuat istilah ini lebih mengemuka adalah teori Maslow tentang hirarki kebutuhan, yang menganggapnya sebagai tingkatan tertinggi dari perkembangan psikologis yang bisa dicapai bila semua kebutuhan dasar sudah dipenuhi dan pengaktualisasian seluruh potensi dirinya mulai dilakukan.

b) Keterbukaan pada pengalaman

Seseorang yna gtidak terhambat oleh syarat-syarat penghargaan,bebas untuk mengalami semua perasaan dan sikap.Tak satupun yang harus dilawan karena tak satupun yang mengancam. Jadi,keterbukaan pada pengalaman adalah lawan dari sikap defensive.Setiap pendirian dan perasaan yang berasal dari dalam dan dari luar disampaikan ke system syaraf organism tanpa distorsi atau rintangan.

Dengan begitu orang mengetahui segala sesuatu tentang kodratnya tidak ada segi kepribadian tertutup. Itu berarti bahwa kepribadian adalah fleksibel,tidak hanya mau menerima pengalaman-pengalaman  yang di berikan oleh kehidupan,tetapi juga dapat mengunakanya dalam membuka kesempatan-kesempatan persepsi dan ungkapan baru.

c) Kehidupan Eksistensial

Orang yang berfungsi sepenuhnya, hidup sepenuhnya dalam setiap momen kehidupan. Setiap pengalaman dirasa segar dan baru,seperti sebelumnya belum pernah ada cara yang persis sama.maka dari itu ada kegembiraan karena setiap pengalama tersingkap.

Jelas orang yane berfungsi sepenuhnya dapat menyesuaikan diri karena struktur-diri terus-menerus terbuka kepada pengalaman-pengalaman baru. Kepribadian yang demikian tidak kaku atau tidak diramalkan.

d)Kepercayaan terhadap organism orang sendiri

Yaitu bertingkah laku menurut apa yang dirasa benar,merupakan pedoman yang sangat dapat diandalkan daripada factor-fakto rasional atau intelektual.orang yang berfungsi sepenuhnya dapat bertindak menurut impuls-impuls yang timbul seketika dan intuitif.

  1. Kepribadian sehat menurut Maslow

Abraham Maslow dikenal sebagai pelopor aliran Psikologi Humanistik. Maslow percaya bahwa manusia tergerak untuk memahami dan menerima dirinya sebisa mungkin.Teorinya yang sangat terkenal sampai dengan hari ini adalah teori tentang Hierarchy of Needs ( Hirarki kebutuhan). Kehidupan keluarganya dan pengalaman hidupnya memberi pengaruh atas gagasan gagasan psikologisnya. Setelah perang dunia ke II, Maslow mulai mempertanyakan bagaimana psikolog psikolog sebelumnya tentang pikiran manusia. Walau tidak menyangkal sepenuhnya, namun ia memiliki gagasan sendiri untuk mengerti jalan pikir manusia.

Psikolog humanis percaya bahwa setiap orang memiliki keinginan yang kuat untuk merealisasikan potensi potensi dalam dirinya, untuk mencapai tingkatan aktualisasi diri. Untuk membuktikan bahwa manusia tidak hanya bereaksi terhadap situasi yang terjadi di sekelilingnya, tapi untuk mencapai sesuatu yang lebih, Maslow mempelajari seseorang dengan keadaan mental yang sehat, dibanding mempelajari seseorang dengan masalah kesehatan mental. Hal ini menggambarkan bahwa manusia baru dapat mengalami “puncak pengalamannya” saat manusia tersebut selaras dengan dirinya maupun sekitarnya. Dalam pandangan Maslow, manusia yang mengaktualisasikan dirinya, dapat memiliki banyak puncak dari pengalaman dibanding manusia yang kurang mengaktualisasi dirinya.

  1. Kepribadian sehat menurut Erich Fromm

Konsep-konsep teori Erich Fromm:

  • Loneliness : Manusia merasa kesepian,sunyi dan terasing
  • Isolation : Manusia terpisah dari manusia lain
  • Sense of belongness : Mencari ikatan baru,rasa memiliki
  • The meaning of life : Arti hidup

Kondisi dasar eksistensi manusia ada 2 Aspek :

  1. Aspek binatang

Memiliki kebutuhan fisiologis tertentu yang harus segera dipuaskan

  1. Aspek Manusia

Memiliki kesadaran diri,pikiran dan khayal

Jadi dari 2 kondisi eksistensi manusia diatas tersebut menimbulkan 5 kebutuhan :

  1. Keterhubungan

Kebutuhan orang untuk berhubungan dengan orang lain (saling mencintai,menghargai) dengan membentuk kelompok

  1. Transedensi

Kebutuhan yang menyebabkan manusia memiliki daya kreatif guna menciptakan sesuatu yang baru terutama berwujud kebudayaan.

  1. Keterberakaran

Kebutuhan manusia untuk bersatu yang menyebabkan manusia ingin menjadi bagian yang integral dengan dunianya.

  1. Identitas

Menjadikan manusia individual berbeda dengan yang lain.

  1. Kerangka Orientasi

Kebutuhan mengenai cara-cara yang ditetapkan dalam memandang,memahami dunianya/dirinya.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa kepribadian yang sehat menurut erich fromm adalah :

  1. Individu yang kepribadianya sehat ialah mereka yang mampu memenuhi kebutuhan akan berhubungan dengan orang lain dalam bentuk cinta dan penghargaan.
  2. Individu mampu memenuhi kebutuhan yang menyebabkan manusia bisa menambah daya kreatif individu tersebut guna untuk menciptakan sesuatu yang baru (inovasi)
  3. Individu mampu menjadi individual yang berbeda dengan yang lain (unik)
  4. Individu mampu memandang dan memahami dunianya sendiri (kehidupan yang dijalaninya)

Daftar Pustaka :

Basuki, Heru. 2008. Psikologi Umum. Jakarta: Universitas Gunadarma

Suryabrata,Sumadi. 2010. Psikologi kepribadian. Jakarta : Rajawali Pers

Schultz Duane.1991.Psikologi Pertumbuhan.Yogyakarta: Kanisius.

E.Papalia,Diane.Wendkos Olds,Sally.Duskin Feldman,Ruth. 2009.Human Development. New York : The Mc-Graw-Hill companies.

 

 

 

Nama : Okky Yudistira Pratama Putra

NPM   : 15509565

Kelas  : 2PA03

 
Leave a comment

Posted by on March 8, 2011 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: