RSS

Dampak dari jejaring sosial

02 Nov

1.sebutkan nama-nama jejaring sosial yang anda ketahui? (minimal 5)

  1. facebook
  2. friendster
  3. faceparty
  4. faces.com
  5. flickr
  6. myspace
  7. plurk
  8. tumblr
  9. buzznet
  10. kaskus
  11. multiply
  12. bebo
  13. perfspot
  14. hi5
  15. orkut
  16. Yahoo! 360
  17. zorpia
  18. MSN

2. Apa dampak positif dan negatif dari jejaring sosial?

Dampak negatif.

a.Membuat Seseorang Menjadi Penyendiri dan Susah Bergaul Situs jejaring sosial di internet membuat penggunanya memiliki dunia sendiri, sehingga tidak sedikit dari mereka tidak peduli dengan orang lain dan lingkungan di sekitarnya. Seseorang yang telah kecanduan situs jejaring sosial sering mengalami hal ini. Yang mengakibatkan dirinya tidak peduli dengan lingkungan sekitarnya lagi. Bahkan ada tetangganya meninggal saja kadang-kadang ia masih asik chating

b. Kurangnya Sosialisasi dengan Lingkungan Hal ini cukup mengkhawatirkan bagi perkembangan kehidupan sosial peserta didik (siswa). Mereka yang seharusnya belajar sosialisai dengan lingkungan justru lebih banyak menghabiskan waktu untuk berselancar di dunia maya bersama teman teman di komunitas jejaring sosialnya, yang rata-rata membahas sesuatu yang tidak penting. Akibatnya kemampuan interaksi siswa menurun.

c. Menghamburkan Uang Akses internet untuk membuka situs jejaring sosial jelas berpengaruh terhadap kondisi keuangan siswa (terlebih kalau akses dari warnet). Tidak jarang siswa menggunakan uang SPP mereka untuk pergi ke warnet sekedar untuk membuka situs jejaring sosial saja. Ini dapat dikategorikan sebagai pemborosan, karena menggunakan uang secara tidak produktif.

d. Berkurangnya Waktu Belajar Siswa Hal ini sudah jelas, karena dengan mengakses internet dan membuka situs jejaring sosial siswa akan lupa waktu, sehingga yang dikerjakannya hanyalah itu-itu saja. Menurut pengamat sosial media dan teknologi informasi Nukman Luthfie, selain harus waspada, orang tua juga harus mempelajari secara mendalam media sosial ini demi masa depan anak-anak. Berdasar penelusurannya, ditemukan fakta bahwa dari 17,6 juta pemilik akun jejaring sosial facebook berasal dari Indonesia, dan 360.000 orang di antaranya berumur 13 tahun.

Dampak Positif

a.Dapat menambah banyak teman

b.dapat bertukar informasi yang bersifat positif.

c.bisa menghilangkan jenuh dari rutinitas sehari-hari

d.bisa digunakan sebagai sarana untuk berdagang (online shop)

 
Leave a comment

Posted by on November 2, 2010 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: